Gunakan Data Dukcapil Bantu Ekonomi Negara Terus Bertumbuh

By Admin 19 Des 2019, 06:22:15 WIB #GISA
Gunakan Data Dukcapil Bantu Ekonomi Negara Terus Bertumbuh

PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) secara konsisten mengakomodasi perpanjangan perjanjian kerja sama (PKS) antara para pelaku industri pasar modal dengan Ditjen Dukcapil Kemendagri.

PKS ini sudah berlangsung sejak 22 November 2016. Saat itu sekitar 100 pelaku industri pasar modal serentak menandatangani perjanjian kerja sama dan menciptaan rekor MURI sebagai penandatanganan kerja sama terbanyak dalam satu hari.

Sejak saat itu industri keuangan khususnya pasar modal merasakan manfaat sangat besar dari pemanfaatan data kependudukan Dukcapil, khususnya dalam proses operasional dan pembukaan rekening investor. Ini yang menyebabkan pelaku pasar modal ingin melanjutkan perpanjangan PKS dengan Ditjen Dukcapil.

Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh berharap dengan perpanjangan PKS ini data kependudukan Dukcapil bisa membantu tata kelola good corporate governance (GCG) yang lebih baik bagi seluruh pelaku industri pasar modal. Sehingga kita bisa menekan semua risiko operasional, mampu mencegah fraud, proses electronic Know Your Customer (e-KYC) bisa menjadi lebih baik, dan mencegah risiko-risiko reputasi.

"Harapannya kalau kita bisa menggunakan semua data kependudukan digital ini dengan baik maka biaya operasional akan berkurang, industri pasar modal bertumbuh, dan bertumbuh pula ekonomi nasional. Inilah yang menjadi harapan pemerintah," ujar Prof. Zudan dalam acara penandatanganan PKS pemanfaatan NIK, Data Kependudukan, dan KTP-el antara Ditjen Dukcapil dengan pelaku industri pasar modal Indonesia di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Tak kurang 104 pelaku industri pasar modal yang meneken PKS dengan Dukcapil. Jumlah itu terdiri 74 perusahaan efek, 19 manajer investasi dan 8 agen penjual reksadana, serta tiga lembaga penunjang pasar modal, yaitu KSEI, The Indonesian Capital Market Institute (TICMI), dan IDX Solusi Teknologi Informasi (IDXSTI).

Dari 104 perusahaan, 95 perusahaan melakukan perpanjangan perjanjian kerja sama dan 9 perusahaan yang baru melakukan penandatanganan PKS perdana.

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/364/gunakan-data-dukcapil-bantu-ekonomi-negara-terus-bertumbuh




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment