Gunakan Data Kependudukan Dukcapil, Good Corporate Governance Makin Baik

By Admin 19 Des 2019, 06:23:15 WIB #GISA
Gunakan Data Kependudukan Dukcapil, Good Corporate Governance Makin Baik

Semangat Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri adalah bertransformasi. Itu sebabnya Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh ingin menularkan semangat perubahan seperti yang sudah dilakukan jajaran Ditjen Dukcapil kepada semua pelaku industri pasar modal.

"Industri pasar modal harus mampu bertumbuh, bertransformasi, change, berubah menuju masa depan yang lebih baik," kata Prof. Zudan dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pemanfaatan NIK, Data Kependudukan, dan KTP-el antara Ditjen Dukcapil dengan pelaku industri pasar modal Indonesia yang dikoordinasi oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) di Jakarta, Rabu (18/12/2019). 

Zudan menggambarkan bahwa bangsa Indonesia pun terus melakukan transformasi. "Periode yang lalu tata kelola bisnis dan pemerintahan semuanya masih bermain dengan dokumen. Nasabah, investor harus mengisi formulir, foto copy, melakukan filing sehingga butuh lemari besar menyimpan data. Sekarang apakah masih ada? Ya, mungkin tinggal sebagian kecil saja," tuturnya. 

Dukcapil kini bertransformasi dari dokumen menuju data kependudukan. "Dulu semua berkas diketik manual dengan mesin ketik, beralih ke tuts komputer, kemudian beralih dari disket ke flashdisk seterusnya menggunakan hardisk. Sekarang semuanya menggunakan data digital dan terus membangun big data. Kita bisa lihat betapa efisiennya yang kita rasakan," ujarnya sepenuh yakin.  

Dengan mengajak segenap pelaku pasar modal bertransformasi maka Zudan sebetulnya menginginkan agar tata kelola good corporate governance (GCG) bangsa ini menjadi semakin baik.

 

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/363/gunakan-data-kependudukan-dukcapil-good-corporate-governance-makin-baik




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment