Kini, Kantor Dukcapil Ada di 130 Negara di Seluruh Dunia

By Admin 30 Des 2019, 08:26:11 WIB #GISA
Kini, Kantor Dukcapil Ada di 130 Negara di Seluruh Dunia

Hak atas kepemilikan dokumen kependudukan bukan hanya milik WNI yang ada di tanah air. WNI yang ada di seluruh dunia, kini sudah bisa mengakses layanan Dukcapil untuk mendapatkan berbagai dokumen kependudukan.

Pasalnya, pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Luar Negeri kini membuka kantor pelayanan di 130 perwakilan RI di seluruh dunia. Layanan yang diberikan pun tak ubahnya layanan Dinas Dukcapil di tanah air, serta layanan spesifik lainnya.

Dengan kata lain, Dukcapil kini punya kantor di 130 Perwakilan RI di luar negeri.

“Mulai di launching tanggal 22 Desember,” demikian kata Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh, Senin (23/12/2019).

Kebijakan itu, lanjut Zudan, merupakan keberlanjutan atas pelayanan akta kelahiran online bagi WNI yang sudah dilaunching pada September 2018 lalu.

Sementara dalam layanan terbaru, tidak hanya akta kelahiran, namun juga penerbitan Nomor Identitas Tunggal (NIT/NIK), pelaporan dan pencatatan Kelahiran, Perkawinan, Perceraian, Kematian.

Kemudian ada juga layanan pengangkatan anak warga negara asing oleh WNI, pengakuan anak WNI yang bertempat tinggal di luar NKRI, pengesahan anak WNI yang bertempat tinggal di luar wilayah NKRI, dan Pembetulan akta pencatatan sipil.

Selanjutnya adalah layanan pindah datang WNI dari satu negara ke negara lainnya di luar wilayah NKRI.

Untuk pelayanan fisik dokumennya, lanjutnya, prosesnya akan dilakukan di kantor perwakilan Indonesia di luar negeri.

“Jumlah semuanya ada 130 perwakilan luar negeri,” imbuhnya. Hal itu, kata dia, sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 Tentang Administrasi Kependudukan.

Semua layanan ini memastikan kemudahan bagi WNI yang ada di luar negeri untuk mendapatkan berbagai dokumen kependudukan. Selain itu, cara itu ditempuh sebagai upaya sinkronisasi data penduduk dan WNI di luar negeri antara Kemendagri, Kemenlu, dan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen Imigrasi).

“Sehingga akan terwujud satu data penduduk dan WNI di luar negeri yang bakal memudahkan penduduk dan WNI untuk mendapatkan pelayanan publik,” tuturnya.

Dengan data yang update dan valid, upaya perlindungan bagi WNI akan lebih mudah karena termonitor. Untuk teknisnya, para WNI di luar negeri dapat melakukan pelaporan diri, pelayanan Adminduk dan pengaduan melalui Portal peduliwni.kemlu.go.id.

Sumber https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/372/kini-kantor-dukcapil-ada-di-130-negara-di-seluruh-dunia




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment