Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi WNI di Luar Negeri Resmi Dimulai

By Admin 27 Des 2019, 14:21:35 WIB #GISA
Pelayanan Administrasi Kependudukan bagi WNI di Luar Negeri Resmi Dimulai

Tanggal 22 Desember ternyata bukan cuma diperingati sebagai Hari Ibu, tetapi sekaligus merupakan hari bersejarah bagi Adminduk (adminidtrasi kependudukan) Indonesia. Sebab, tepat hari ini, Minggu (22/12/2019) resmi dimulai pelayanan adminduk secara online oleh Perwakilan RI di luar negeri di Ankara, Turki.

Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Prof. Dr. Zudan Arif Fakrulloh SH. MH. bersama Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk Republik Turki DR Lalu Muhammad Iqbal meluncurkan pelayanan kependudukan online.

Peristiwa hari ini merupakan kelanjutan peluncuran pelayanan akta kelahiran online bagi WNI di luar negeri melalui Portal Peduli WNI Kementerian Luar Negeri pada 10 September 2018, di KBRI Seoul oleh Presiden RI Joko Widodo.

Pelayanan adminduk bagi WNI di luar negeri ini, merupakan tindak lanjut amanat PP No. 40 Tahun 2019 tentang Pelaksanaan UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan UU No. 24 Tahun 2013 tentang Perubahan UU No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Salah satunya mengamanatkan bahwa penyelenggaraan urusan adminduk bagi WNI di luar negeri dilaksanakan oleh Perwakilan Republik Indonesia.

"Dengan peluncuran ini, maka akan terjadi sinkronisasi data penduduk dan WNI di luar negeri antara Kementerian Dalam Negeri (Ditjen Dukcapil), Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Hukum dan HAM (Ditjen Imigrasi). Sehingga akan terwujud satu data penduduk dan WNI di luar negeri yang bakal memudahkan penduduk dan WNI untuk mendapatkan pelayanan publik baik di dalam negeri maupun di luar negeri sebagai wujud kehadiran negara dalam memberikan perlindungan dan pelayanan yang membahagiakan warga negaranya," ujar Prof. Zudan dalam keterangan resminya.

Melalui kerja sama ini, WNI di luar negeri dapat melakukan pelaporan diri, pelayanan adminduk dan pengaduan melalui satu Portal peduliwni.kemlu.go.id dan selanjutnya dapat memilih pelayanan adminduk bagi WNI di luar negeri secara online pada Perwakilan RI di luar negeri.

Adapun pelayanan online ini meliputi penerbitan Nomor Identitas Tunggal (NIT) yang disamakan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Kemudian layanan pindah datang WNI dari satu negara ke negara lainnya di luar wilayah NKRI serta Pelayanan Pencatatan Sipil berupa pelaporan dan pencatatan: Kelahiran, Perkawinan, Perceraian, Kematian, Pengangkatan anak warga negara asing oleh WNI, Pengakuan anak WNI yang bertempat tinggal di luar wilayah NKRI; Pengesahan anak WNI yang bertempat tinggal di luar wilayah NKRI; Pelepasan kewarganegaraan Republik Indonesia, dan
Pembetulan akta pencatatan sipil.

Acara peluncuran ditandai dengan penyerahan secara simbolis Akta Kelahiran hasil pelayanan oleh KBRI kepada salah anak WNI kelahiran Turki dan Akta Kematian WNI di Turki, serta dilanjutkan dengan pelayanan adminduk kepada para WNI di Turki. Dalam pelayanan ini diterbitkan 7 akta lahir, 1 akta kematian, 6 perekaman KTP-el dan 1 penerbitan NIT.

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/368/pelayanan-administrasi-kependudukan-bagi-wni-di-luar-negeri-resmi-dimulai




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment