Rasakan Manfaat Besar Data Kependudukan, OJK Apresiasi Dukcapil

By Admin 19 Des 2019, 06:24:16 WIB #GISA
Rasakan Manfaat Besar Data Kependudukan, OJK Apresiasi Dukcapil

Direktur Pengelolaan Investasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Sujanto menyatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Ditjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Hal tersebut lantaran pelaku industri pasar modal Indonesia merasakan manfaat yang sangat berarti dalam pemanfaatan data kependudukan, terutama untuk proses percepatan pembukaan rekening, investasi dan peningkatan kualitas data investor.

"(Dampaknya) pertumbuhan investor industri pasar modal cukup baik. Selama 2019 terdapat 832.462 investor yang masuk ke pasar modal sehingga akhir tahun ini sudah mencapai angka hampir mencapai 2,5 juta investor," kata dia dalam acara penandatanganan perjanjian kerja sama (PKS) pemanfaatan NIK, Data Kependudukan, dan KTP-el antara Ditjen Dukcapil dengan pelaku industri pasar modal Indonesia yang dikoordinasi oleh PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) di Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Jumlah tersebut tidak hanya berasal dari pulau Jawa tetapi juga sudah mulai merambah ke daerah lain. "Perkembangan tersebut tak lepas dari kolaborasi antara OJK dan pelaku industri pasar modal dalam melakukan berbagai upaya peningkatan basis investor di pasar modal," ujarnya pula.

Salah satu upaya yang sudah dilakukan adalah simplifikasi pembukaan rekening efek, dan rekening dana nasabah dengan diterbitkannya SEOJK No. 6/SEOJK04/2019 tentang Pedoman Pembukaan Rekening Efek Nasabah dan Rekening Dana Nasabah secara Elektronik Melalui Perusahaan Efek yang Melakukan Kegiatan Usaha Sebagai Perantara Dagang Efek.

Sujanto juga mengapresiasi tinggi kepada PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang secara konsisten mengakomodasi perpanjangan perjanjian kerja sama antara para pelaku industri pasar modal dengan Ditjen Dukcapil .

"PKS ini sudah berlangsung sejak 22 November 2016. Sejak saat itu industri keuangan khususnya pasar modal merasakan manfaat sangat besar dar pemanfaatan data kependudukan Dukcapil, khususnya dalam proses operasional dan pembukaan rekening investor," ujarnya.

Di tempat yang sama Dirut PT KSEI Uriep Budhi Prasetyo menyatakan kegembiraannya lantaran penggunaan KTP elektronik, dan data kependudukan Dukcapil telah meningkatkan efektivitas serta efisiensi dalam proses verifikasi dan validasi data investor terutama mengetahui kebenaran identitas calon investor.

"Dalam program pembenahan data nasabah, KSEI memanfaatkan data Ditjen Dukcapil untuk validasi data NIK, nama dan tanggal lahir. Dengan demikian data investor yang dimiliki KSEI menjadi lebih akurat dan terjaga integritasnya," kata Uriep.

Jumlah investor yang tercatat di industri pasar modal, terdiri dari investor saham, reksadana, surat berharga negara per tanggal 16 Desember kemarin, sebanyak hampir 2,5 juta Single Investor Identification (SID). Jumlah ini meningkat 51 persen sejak akhir tahun 2018.

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/361/rasakan-manfaat-besar-data-kependudukan-ojk-apresiasi-dukcapil




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment