Aplikasi Pesona dan Si Laku Buat Warga Merasa Aman Urus Adminduk Saat Pandemi Covid-19

By Admin 26 Mar 2021, 07:18:24 WIB #GISA
Aplikasi Pesona dan Si Laku Buat Warga Merasa Aman Urus Adminduk Saat Pandemi Covid-19

Inovasi berupa aplikasi pengajuan pelayanan administrasi kependudukan secara online, yakni Pesona milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disduckapil) Kabupaten Bangka, dan inovasi Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara (Si Laku) milik Disdukcapil Kabupaten Kolaka Utara membuat warga setempat merasa aman mengurus berbagai kebutuhan dokumen kependudukannya.

Disampaikan oleh Kepala Disdukcapil Kabupaten Bangka, Muhtar, inovasi Pesona tidak lain adalah inovasi berbasis sistem android yang dapat diunduh oleh warga Kabupaten Bangka.

“Warga dapat mengajukan permohonan dokumen kependudukan apapun melalui Pesona sehingga ini sangat pas dengan kondisi warga yang merasa khawatir untuk keluar rumah karena wabah Covid-19,” ujar Muhtar di acara Ngopi Bareng Dukcapil, TV Desa, pagi ini, Jumat (05/03/2021).

Inovasi tersebut lantas mendapat apresiasi dari warga setempat. Di tengah pandemi, warga tetap dapat mengurus berbagai kebutuhan dokumen kependudukannya tanpa rasa khawatir.

“Bila dibandingkan dengan normal sebelum pandemi, pelayanan dengan aplikasi Pesona ini memang sangat memudahkan dan memberi rasa aman,” kata warga setempat, Fengky, dalam sebuah tayangan video yang ditayangkan di acara TV Desa pagi ini.

Di kesempatan yang sama, Kepala Disdukcapil Kabupaten Kolaka Utara, Buhari, mengatakan bahwa inovasi Si Laku juga mendapat respon positif dari warga setempat.

Pasalnya, selain seluruh layanan dapat dilakukan melalui media whatsapp saja, dokumen kependudukan yang sudah jadi pun dapat diantarkan melalui kurir secara gratis.

“Salah satu rangkaian dari Si Laku ini, adalah pengantaran dokumen kependudukan oleh kurir yang biayanya ditanggung oleh APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kabupaten Kolaka Utara,” ujar Buhari.

Inovasi Pesona dan Si Laku sontak mendapat apresiasi dari Direktur Bina Aparatur Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri, Andi Kriarmoni.

“Semangat pelayanan adminduk adalah membahagiakan masyarakat, dan ini dikemas dengan baik oleh Disdukcapil Bangka dan Kolaka Utara menjadi invoasi pelayanan berbasis online yang sangat cocok di era pandemi covid-19,” kata Andi.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment