Mendagri: Pemanfaatan Data Kependudukan Membanggakan

By Admin 27 Nov 2019, 07:13:27 WIB #GISA
Mendagri: Pemanfaatan Data Kependudukan Membanggakan

Ditjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri berhasil melakukan pencapaian yang membanggakan bagi Kemendagri sekaligus memberikan rmanfaat bagi Kementerian/Lembaga lainnya. Demikian disampaikan Menteri Dalam Negeri Prof. H.M. Tito Karnavian P.hD.  mengapresiasi pemanfaatan data kependudukan yang dikelola Ditjen Dukcapil.

Mendagri Tito Karnavian juga mencontohkan data kependudukan suatu saat bisa dimanfaatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyelenggarakan e-Voting atau pemilu elektronik.

"Jadi data Dukcapil juga bisa berefek di bidang politik. Nanti ke depan bisa e-Voting. Pemilu akan lebih mudah dan murah, biaya negara bisa banyak dihemat karena tidak perlu lagi mencetak surat suara," ujar Mendagri saat memberikan sambutan dalam Rakornas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang dirangkaikan dengan Launching Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Discovery Hotel, Taman Impian Ancol Jakarta, Senin (25/11/2019) malam.  

Begitu juga bagi Kementerian Sosial data kependudukan sangat membantu pemberian banuan sosial lebih tepat sasaran.

"Masalah Bansos, karena ada beberapa instansi menyampaikan bahwa Bansos tidak tepat sasaran pada orang yang tidak dianggap berhak, oleh karena itu Kemensos bekerja sama dan juga mendapat data dari Dukcapil agar tepat sasaran. Ini juga membanggakan kita. Mereka menggunakan data Dukcapil untuk menjadi data awal kegiatan-kegiatan mereka. Saya sendiri sebagai Mantan Kapolri sudah mengetahui bagaimana manfaat dari data Dukcapil dalam penanganan kejahatan misalnya," kata Mendagri.

Tak hanya itu, Mendagri menilai dengan adanya layanan Dukcapil Go Digital dan transformasi Dukcapil dari Dokumen Kependudukan menuju Data Kependudukan akan memberikan manfaat dan menghasilkan efek domino bagi masyarakat.

"Tapi kita melihat sekarang ini dari paparan yang tadi disampaikan oleh Pak Zudan (Dirjen Dukcapil), penetapan, eksperimen, error, coba salah sampai ketemu yang terakhir seperti ini, bagi kita sangat membanggakan, mempermudah. Sehingga kita melihat dengan teknologi informasi digital ini, kita sudah memiliki sistem digital untuk kependudukan, dan sistem digital ini memberikan efek domino bagi urusan lain," jelasnya.

Sebagai negara dengan penduduk terbesar nomor empat di dunia, Indonesia telah berbenah dalam hal mengurusi data Kependudukan masyarakatnya.

Dengan transformasi yang dilakukan Ditjen Dukcapil Kemendagri yang peka terhadap kebutuhan masyarakat era kini, Dukcapil Kemendagri telah melakukan terobosan yang tepat untuk mulai melayani masyarakatnya dengan memanfaatkan teknologi berbasis dan menghadirkan layanan berbasis digital.

Sumber : https://dukcapil.kemendagri.go.id/berita/baca/326/mendagri-pemanfaatan-data-kependudukan-membanggakan




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

VISI DAN MISI

Berita Foto

Video Terbaru

View All Video