DINAS DUKCAPIL SOSIALISASIKAN KEBIJAKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN BANGKA

By Admin 01 Mei 2018, 13:07:55 WIB Disdukpencapil Bangka
DINAS DUKCAPIL SOSIALISASIKAN KEBIJAKAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI KABUPATEN BANGKA

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka melaksanakan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan kepada masyarakat di Kabupaten Bangka. Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka, Drs. Rahmat Gunawan, M.Si menjelaskan bahwa sosialisasi dilaksanakan di 8 (delapan) kecamatan se-Kabupaten Bangka pada Bulan Februari sampai dengan Maret 2015, dengan peserta sosialisasi adalah para kades/lurah, Kadus/kaling, ketua RT dan tokoh masyarakat dengan jumlah peserta masing-masing kecamatan sebanyak 50 orang.

“Ada beberapa hal mendasar yang perlu disosialisasi kepada masyarat berdasarkan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013, antara lain : masa berlaku KTP-el seumur hidup yang sebelumnya 5 tahun, sepanjang tidak ada perubahan elemen data pada KTP-el, penertiban akta kelahiran yang pelapornya melebihi batas waktu satu tahun tidak lagi memerlukan keputusan Pengadilan Negeri cukup dengan keputusan kepala dinas, untuk pencatatan kelahiran dilaksanakan di Instansi pelaksana tempat domisili warga, satu-satunya data kependudukan yang digunakan untuk semua keperluan adalah data kependudukan kementerian dalam negeri dan pengurusan semua dokumen kependudukan tidak dipungut biaya atau gratis dengan catatan di urus sendiri oleh yang bersangkutan,” imbuhnya.

“Selain penjelasan Undang-Undang Nomor 24 tahun 2013 tentang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, materi yang disosialisasikan juga mengenai tata cara dan persyaratan pengurusan dokumen bidang kependudukan dan pencatatan sipil”, jelasnya.

Menurutnya, sosialisasi ini dilakukan setiap tahun agar masyarakat mengetahui tentang kebijakan adminstrasi kependudukan saat ini dan masyarakat paham dan mengerti tentang tata cara serta prosedur pengurusan dokumen-dokumen kependudukan, sehingga diharapkan masyarakat lebih menyadari akan pentingnya kepemilikan dokumen kependudukan yang kemudian dengan kesadaran sendiri mau mengurus kelengkapan dokumen kependudukannya.

Melalui sosialisasi ini masyarakat harus mengerti bahwa pengurusan seluruh dokumen kependudukan itu sangat mudah dan tidak dipungut biaya, sesuai dengan janji layanan kami, jika syarat lengkap maka pelayanan akan cepat dan dokumen kependudukan akan mudah didapat, tambahnya. (NAF)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 1 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment