Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dinas Dukcapil Bangka Jalin Kerjasama dengan Mitra

By Admin 16 Feb 2023, 14:46:50 WIB #GISA
Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dinas Dukcapil Bangka Jalin Kerjasama dengan Mitra

Wakil Bupati Bangka Syahbudin membuka kegiatan rapat koordinasi fasilitasi pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ( Dukcapil) Kabupaten Bangka di Hotel Novilla Sungailiat, Kamis (16/02/2023).

Kegiatan ini dihadiri unsur Forkopimda Bangka, perwakilan OPD di lingkungan Pemkab Bangka, para camat, perwakilan rumah sakit dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka dengan Lapas Kelas IIB Sungailiat dan Kemenag Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka, Rahmad Gunawan mengatakan kegiatan ini untuk lebih memperkuat kembali kerjasama dengan mitra-mitra seperti seluruh kecamatan, Kepala Lapas Kelas IIB Sungailiat, Kemenag Kabupaten Bangka, rumah sakit dan lainnya.

"Kita dari Dukcapil Kabupaten Bangka sering melakukan perekaman e-KTP langsung dari Lapas Sungailiat apalagi menjelang pemilu, juga dengan Kemenag Kabupaten Bangka sudah lama kita kerjasama dalam pelayanan pembuatan Kartu Keluarga (KK), perubahan KTP dari pasangan yang baru menikah yang bisa dilakukan secara online," kata Rahmad, sapaan akrabnya.

Melalui kegiatan ini mungkin ada kendala-kendala sehingga perlu dicarikan solusi bersama-sama.

"Jadi Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka tidak bisa bekerja sendiri, jadi perlu bantuan dari para mitra ini, seperti kecamatan, desa/Kelurahan, RSUD Depati Bahrin dan  rumah sakit swasta dan lainnya sejak tahun 2017 lalu melakukan kerjasama pembuatan Akta Kelahiran bagi anak yang baru dilahirkan," ujar Rahmad.

Sementara Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengatakan kegiatan ini sebagai upaya Pemkab Bangka melalui Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka untuk meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan, sehingga layanan ini bisa lebih dekat, lebih cepat dan terintegrasi dalam layanan administrasi kependudukan.

"Kesadaran akan pentingnya adminstrasi kependudukan ini harus digalakkan, di mana data kependudukan menjadi persyaratan untuk mendapatkan pelayanan publik, contohnya saat ini NIK atau nomor induk kependudukan juga menjadi nomor NPWP atau Nomor Pokok Wajib Pajak yang merupakan program nasional," kata Syahbudin.
Iklan untuk Anda: Kesehatan pria terganggu? Ikuti latihan ini
Advertisement by

Dilanjutkannya, oleh karena itu Dinas Dukcapil Kabupaten Bangka melalui kegiatan ini terus memelihara sinergitas dengan seluruh stakeholder yang terkait pelayanan kepada masyarakat.

"Semoga tercipta persamaan persepsi dan tujuan bersama dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat di Kabupaten Bangka," harapnya.

 

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dinas Dukcapil Bangka Jalin Kerjasama dengan Mitra, https://bangka.tribunnews.com/2023/02/16/tingkatkan-pelayanan-administrasi-kependudukan-dinas-dukcapil-bangka-jalin-kerjasama-dengan-mitra.
Penulis: edwardi | Editor: Ardhina Trisila Sakti

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

VISI DAN MISI

Berita Foto

Video Terbaru

View All Video